Senin, 08 Februari 2016

Sukhoi dan TOT, demi kemandirian bangsa

Ilmu itu mahal,sampai pepatah menyatakan cari lah ilmu sampai negeri cina. ilmu bisa di cari tapi tidak bisa di beli. ilmu hanya bisa di pelajari dengan berjalan nya waktu.proses belajar menuntut ilmu inilah yang membuat suatu ilmu menjadi mahal.negara jepang butuh 50 tahun sejak restorasi meiji untuk berubah menjadi negara maju pada saat itu. cina butuh 20 tahun belajar teknology dari rusia dalam hal teknology militer. jadi nilai ilmu sangatlah mahal terutama menyangkut perkembangan technology persenjataan.





Kementerian Pertahanan memutuskan mengganti satu skuadron pesawat tempur jenis F-5 Tiger milik TNI AU dengan pesawat tempur jenisnSukhoi SU-35 dari Rusia. hal  ini dikarenakan pesawat jenis F-5 Tiger diketahui akan memasuki pensiun.

pembelian alutsista tersebut menggunakan sistem 'G to G' (Government to Government) alias kesepakatan bisnis antar pemerintah kedua negara. Proses transaksi pembelian Sukhoi itu dilakukan oleh pemerintah RI dan Rusia

"Kita sepakat akan membeli satu skuadron Sukhoi SU-35 dari Rusia untuk menggantikan pesawat tempur F-5 Tiger,"lengkap dengan senjatanya. kata Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu 





Pembelian SU-35 akan dilakukan secara bertahap menyesuaikan dengan kemampuan anggaran  keuangan negara. pak Menhan beralasan  anggaran yang di dapat untuk TNI AU tidak hanya untuk pembelian alusista, tetapi juga digunakan untuk perawatan,perbaikan rutin, dan biaya operasional  tni. pastinya ada barang lain berupa alusista yang kita beli untuk menambah kekuatan TNI dan sesuai dengan kebutuhan pada MEF II





Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ini mengatakan, pembelian  alusista dari negara rusia juga di sertai transfer off technology  (tot) ilmu pesawat tempur. 
sesuai dengan amanat UU Tentang belanja alusista yang memwajibkan adanya Transfer of technology , yang diharapkan ke  depan nya nanti bangsa indonesia tidak hanya sebagai pembeli alusista pesawat tempur tetapi  dapat menjadi pembuat dan penjual  pesawat tempur, serta menghilangkan ketergantungan  belanja alusista dari negara negara di dunia.






biar lambat asal pasti kelak kita dapat berdiri sejajar dengan negara negara produsen pesawat tempur. jika tidak sekarang.kapan lagi kita mulai kemandirian pembuatan pesawat tempur.


lalu timbul pertanyaan kok mau  ya  pihak russia mau memberikan TOT  ilmu pesawat kepada indonesia yang membeli  "hanya"  12 unit plus beli nya ngeteng, serta mendapat bonus pinjaman kredit utang ringan atau soft loans $ 3 milion US dollar  sekitar Rp.40 Trilyun.  untuk modal   belanja alusista.seperti sukhoi su 35, S-300, pesawat amphiby,tank marinir dan pesawat angkut besar. serta membeli perlengkapan dan persenjataan lengkap untuk pesawat sukhoi.termasuk tambahan rencana pembelian kapal selam Kilo Class atau pun Amur Class.


jika melihat kembali ke belakang ,hal ini pun terjadi pada saat pembelian sukoi batch pertama tahun 2003-2004 dimana pemerintah saat  itu membeli 2 sukoi tanpa senjata dan rudal dengan pola bayar imbal dagang atau di tuker dengan produk sumber daya alam.seperti minyak sawit,batubara,logam biji besi,dan proyek proyek  migas.


maka tidak salah jika boleh menebak maka jika nanti pembelian su-35 disertai ToT,  maka dapat dipastikan ada hal hal lain yang menjadi daya tawar pemerintah agar mendapat kepastian tot untuk alusista tni yang di ajukan kepada pihak russia











dari beberapa penawaran bisnis dan produk sumber daya alam mungkin menjadi  nilai  jual yang membuat russia mau berbagi tot kepada indonesia.maka petikan beberapa surat kabar nasional menjadi dasar acuan beberapa proyek tersebut., adalah : 



1.Proyek tambang aluminium

Perusahaan  aluminium terbesar dunia, Rusia Aluminium (Rusal), menjajaki peluang investasi sektor hulu hingga hilir industri aluminium di Indonesia. perusahaan Rusal siap mengembangkan tambang, membangun pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) bauksit untuk memproduksi alumina, serta pengolahan produk jadi 


"Kami tengah mencari mitra lokal sebagai pemasok bauksit dan menjajaki pembangunan smelter alumina di Indonesia. Bisa swasta ataupun BUMN.

Tentunya kami harus menemukan lokasi yang tepat dan memastikan pasokan listrik untuk operasional pabrik," ujar anggota delegasi Rusal yang menolak diungkap namanya, di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, potensi Indonesia untuk menjadi produsen alumina terbesar dunia sangat besar. Sebab, Indonesia merupakan produsen bauksit nomor tiga terbesar dunia dengan 40 juta ton per tahun.
Indonesia pun memasok sepertiga kebutuhan bauksit industri aluminium China

2.Proyek kereta api lintas kalimantan

.Salah satu investasi yang akan digarap oleh perusahaan asal Rusia adalah Kereta Api Borneo di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur oleh Russian Rail Ways. Kereta ini rencanaya akan mengangkut hasil tambang batubara. untuk dibawa ke russia lewat jalur laut. kerja sama dengan perusahaan lokal dilakukan dengan pembagian yang menguntungkan


3 .Proyek pengolahan nikel

.Beberapa penawaran juga di berikan oleh indonesia pada rusia  di sektor industri yakni teknologi mutakhir pengolahan nikel, dan bahan tambang lainnya.


4.Proyek Kerjasama bidang kapal terbang,kapal laut, dan   perlengkapan darat

kerjasama di bidang penerbangan dengan PT Dirgantara Indonesia dan Garuda Indonesia, galangan kapal dengan PT.Pal dan produksi perlengkapan tempur berat dengan PT.pindad, serta joint penelitian luar angkasa dengan PT.Lapan , dengan kementerian kelautan,pihak  russia mendapat proyek pengadaan radar untuk memantau kapal kapal pencuri ikan.Serta kerjasama rencana pembuatan PLTN dengan BATAN.


Tidak salah jika semua kerjasama diatas membuat negara manapun di dunia melihat indonesia sebagai negara "sexy" dan kaya raya. jadi mungkin kerjasmaa bidang ekonomi dan  bisnis  di berikan indonesia kepada russia sebagai imbal beli dan nilai tambah .

kutipan harian surat kabar nasional menyatakan "Nilai investasi pembangunan smelter itu sekitar 3-6 milliar dollar AS. dan untuk pembangunan jalur kereta api 2,5 miliar dollar AS,"  sementara jika di total nilai kerjasama bisnis dengan russia di taksir mencapai Rp.50 trilyun rupiah. suatu jumlah yang sangat besar.

maka tidak heran duta besar indonesia untuk rusia sampai mendapat penghargaan dari federasi rusia atas jasa jasa nya mempererat hubungan dua negara yang saling menguntungkan.
mungkin inilah point point penting yang menjadi nilai tawar indonesia terhadap russia.

..........



4 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    BalasHapus
  2. widya Tarmuji, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan baik Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan beberapa daSaya ri kata-kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi, Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman curang di internet, tetapi mereka sangat asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban 6 kreditor pemberi pinjaman, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya, kemudian memperkena

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan baik Tuhan melalui TRACYMORGANLOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinyalkan saya ke sebuWah perusahaan pinjaman yang kredibel, TRACYMORGANLOANFIRM. Saya mendapat pinjaman Rp. 800.000.000 dari TRACYMORGANLOANFIRM dengan tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi MRS melalui email: (TRACYMORGANLOANFIRM@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (widyatarmuji@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Tn. Tonimark, email: (Tonimark28@gmail.com). Apa yang saya lakukan adalah memastikan bahwa saya tidak pernah dipenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sebagaimana disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    BalasHapus
  3. widya Tarmuji, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan baik Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan beberapa daSaya ri kata-kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi, Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman curang di internet, tetapi mereka sangat asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban 6 kreditor pemberi pinjaman, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya, kemudian memperkena

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan baik Tuhan melalui TRACYMORGANLOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinyalkan saya ke sebuWah perusahaan pinjaman yang kredibel, TRACYMORGANLOANFIRM. Saya mendapat pinjaman Rp. 800.000.000 dari TRACYMORGANLOANFIRM dengan tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi MRS melalui email: (TRACYMORGANLOANFIRM@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (widyatarmuji@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Tn. Tonimark, email: (Tonimark28@gmail.com). Apa yang saya lakukan adalah memastikan bahwa saya tidak pernah dipenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sebagaimana disepakati dengan perusahaan pinjaman. 

    BalasHapus
  4. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus